Pengelola Madrasah di Purbalingga Ikuti Bimtek EDM dan E-RKAM

0
82
Pengelola-Madrasah-di-Purbalingga-Ikuti-Bimtek-EDM -E-RKAM

Purbalingga – Sejumlah 288 peserta yang terdiri dari Kepala Madrasah, Bendahara dan operator madrasah dijadwalkan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Elektronik Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (E-RKAM) yang digelar Seksi Pendidikan Madrasah di 2 lokasi berbeda di kabupaten Purbalingga. Pembukaan kegiatan Tahap I dilakukan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Karsono di Aula MTs Negeri 1 Purbalingga, Senin (23/11/2020)

Ketua Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Abdul Aziz dalam keterangannya menjelaskan, kegiatan tersebut digelar secara bertahap sesuai dengan ketentuan pelaksanaan kegiatan di masa pandemi.

“Proses pembimbingan dilakukan dalam 7 rombongan belajar. Beban tatap muka tiap rombel 40 jam yang dilaksanakan dalam waktu 5 hari,” jelasnya.

Aziz menjelaskan,  tahap pertama berlangsung sejak tanggal 23 – 27 Nopember 2020 untuk rombel 1&2 bertempat di MTsN 1 Purbalingga. Sedangkan minggu kedua dilaksanakan tanggal 30 Nopember sampai dengan 4 Desember 2020 untuk rombel 3 & 4 bertempat di MTsN 2 Purbalingga.

“Rombel 5,6 dan 7 dilaksanakan di MTsN 1 Purbalingga pada tanggal 7, 8,10,11,12 Desember 2020,” jelasnya.

Menurut Aziz, tanggal 9 Desember merupakan hari pelaksanaan Pilkada di kabupaten Purbalingga. Sehingga kegiatan Bimtek pada tanggal tersebut dialihkan waktunya.

Terkait metode yang digunakan dalam kegiatan tersebut Aziz menjelaskan, pembimbingan dilakukan melalui tatap muka secara langsung, pemanfaatan google classroom dan pembelajaran secara virtual.

“Untuk aplikasi EDM dan E-RKAM tetap online, bukan aplikasi offline, ” pungkasnya.

Narasumber

Narasumber kegiatan merupakan Tim Inti Kabupaten (TIK) yang terdiri dari 1 orang Pengawas Madrasah (Mardini) dan Kepala Madrasah (Ahmadi) hasil seleksi di Kementerian Agama melalui Dirjen KSKK. Selain itu juga dipandu 1 orang Operator kabupaten (Aprilia Wahyu) serta  2 orang pendamping dari Seksi Pendidikan Madrasah (Naelul Fauzi dan Leli Nur Khasanah). (sar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here