PENERAPAN SISTEM KERJA ADANYA PSBB

0
62

 

Covid 19 sedari pertengahan Tahun 2020 sampai sekarang masih saja menghantui aktifitas kehidupan. Hal ini sangat berpengaruh di berbabagi macam kegiatan masyarakat. Terkait ibadah keagamaan misalnya, masih diterapkan pembatasan-pembatasan tertentu untuk mencegah penyebaran virus. Meskipun masih diberikan izin, namun hanya 50% dari kapasitas yang tersedia dengan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat. Aturan ini tertuang pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2021. Dan bagi pengurus tempat ibadah wajib membentuk Tim Satgas Covid-19.

Pada lingkungan kerja, pembatasan juga diterapkan Work From Home (WFH) sebesar 75% (tujuh puluh lima persen) dan Work From Office sebanyak 25% (dua puluh lima persen) dengan memberlakukan protokol kesehatan yang lebih ketat. Upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Civid-19) di Tahun 2021 ini berlaku mulai Tanggal 11 sampai dengan 25 Januari 2021 apabila tidak ada perpanjangan ketentuan dimaksud oleh pemerintah Pusat, maka System Kerja ASN berlaku seperti semula. Hal ini juga tertuang pada NOTA DINAS Nomor 171/Kw.11.1/3/KP.00/01/2021 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Sebagai instansi pelayanan publik, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menerbitkan surat Nomor 81/Kk.11.03/KP.00/01/2021 Tanggal 6 Januari 2021 Perihal Pembatasan kegiatan ASN/Non ASN mencegah Penyebaran Covid-19. Diantaranya penugasan pegawai yang bekerja dari rumah (WFH) dan yang bekerja dari kantor (WFO). Bagi yang bekerja dari rumah diwajibkan melakukan pengisian daftar hadir kerja secara online. Hal ini demi kedisiplinan pegawai yang tidak lepas dari pertanggungjawabannya kepada pemerintah.

Selain itu, harapan Para Tenaga Pendidik, wali siswa dan siswa itu sendiri awal Januari 2021 dapat belajar tatap muka masih harus diurungkan. Pelaksanaan pembelajaran baik  formal maupun non formal (madrasah, Pondok Pesantren, Madin, TPA, Majelis Taklim dll) dilaksanakan secara daring (online) dan bagi yang tidak memiliki sarana untuk pelajaran daring maka untuk sementara dihentikan.

Masyarakat yang memiliki kepentingan pelayanan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga masih dapat dilayani. Pelayanan pada PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dimulai pukul 08:00 s.d 15.00 WIB. Dengan disediakannya tempat mencuci tangan dan alat cairan sanitizer dan scanner otomatis pengukur suhu badan dapat memantau kondisi kesehatan masyarakat yang akan melakukan pelayanan. Bagi masyarakat yang akan melakukan pelayanan sementara hanya ada di ruang PTSP. Karena demi pencegahan virus Covid-19 aturan untuk masuk ke dalam Kantor belum diperbolehkan, kecuali memang ada hal yang sangat urgent dan dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat tentunya.

Selain itu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga ada beberapa jenis pelayanan yang dapat dilakukan secara online. Namun demikian sarana pelayanan online saat ini masih sangat terbatas. Mengingat aplikasi yang dibuat memang masih baru dan masih sangat sederhana. Pada aplikasi belum semua jenis pelayanan tercantum. Saat ini yang sudah tersedia ada diantaranya dari Kepegawaian dan dari Seksi Bimas Islam.

Aplikasi pelayanan online Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga SICAKAP (Sistem Informasi Cepat dan Akuntabel Kemenag Purbalingga). Aplikasi dapat di unduh di Playstore pada perangkat HP Android. Pengembangan aplikasi diharapkan dapat cepat diadakan sesuai instruksi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga “KARSONO” demi terwujudnya pelayanan prima, ungkap Sodikin Masrukin “pengawas pada madrasah” selaku pengembang aplikasi. DS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here